Cara Cara Memanfaatkan Limbah Plastik

Plastik terbuat dari bahan kimia yaitu polimer. Plastik pada saat sekarang banyak digunakan untuk megangkut belanja dan barang – barang dalam berat yang masih bisa di jinjing oleh tangan. Hampir di semua toko menyediakan plastik untuk membantu para langganannya untuk membawa barang – barang belanjaan.

Namun ada yang kurang dari plastik disamping manfaatnya yaitu platik yang sudah tidak digunakan atau di buang biasa disebut dengan sampah plastik tidak bisa terurau dengan mudah saja di tanah. Dan saat di bakarpun plastik yang mengandung zat kimia ini akan melepaskan zatnya dan merusak lingkungan sekitar.

Kandungan plastik

Plastik mengandung berbagai bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan dan juga kebersihan lingkungan. Kandungan yang terdapat di dalam plastik adalah karsinogen yang mengandung racun yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti tumor, endokrin dan genital.

Selain itu penelitian terbaru ini menginformasikan bahwa plastik memiliki lebih dari 100 jenis bahan kimia yang sangat beracun. Bahan tersebut dicampur di pabrik sebagai bahan baku dari pembuatan plastik yang kemudian tersebar di seluruh daerah.

Karena itu banyak pilihan yang memilih untuk melarang penggunaan plastik karena takut zat kimia tersebut tercampur pada makanan. Banyak yang memilih membawa makanan dengan keranjang dari pada plastik untuk menghindarkan dampak buruk bagi kesehatan dalam jangka waktu yang panjang.

Karsinogen merupakan bahan yang berbahaya dan hanya terdapat pada plastik. Efek dari karsinogen adalah paparannya bagi tubuh di bagian pencernaan dan dapat ada terus di dalam tubuh manusia. Istilahnya adalah membunuh tubuh secara pelahan – lahan namun pasti dalam diamnya di dalam tubuh manusia.

Ada salah satu cara yang dapat meminimalisir dari dampak negatif yang timbul dari penggunaan plastik yang berlebihan yaitu dengan daur ulang. Sekarang sudah banyak komunitas komunitas yang di dirikan yang bertujuan untuk melakukan daur ulang pada palstik untuk di jadikan nilai yang dapat di jual dari sampah plastik yang sebelumnya tidak bernilai di masyarakat.

Berikut ini di jelaskan manfaat sampah plastik bagi kehidupan sehari – hari :

1. Pupuk organik

Manfaat pertama dari sampah plastik adalah sebagai pupuk organik. Plastik yang tidak digunakan lagi dapat di kubur dan dicampur dengan tanah tanah yang mengandung banyak unsur hara. Pupuk organik dapat di berikan untuk menyuburkan tanaman – tanaman agar dapat berkembang biak dengan subur.

Sekarang banyak tanaman – tanaman yang membutuhkan pupuk organik yang berasal dari pupuk alami karena lebih nyatu dengan alam dan cara memperolehnya pun tergolong mudah di dapat. Untuk pengeluaran harga dapat menghemat beberapa persen dari pengeluaran sehingga pengeluaran tersebut dapat di alihkan ke yang lainnya.

2. Pakan ternak

Pakan ternak atau makanan untuk ternak juga setengahnya di dapat dari sampah plastik yang sebelumnya sudah di daur ulang. Banyaknya manfaat dari sampah plastik ini menjadikan kita tidak ragu untuk mengolah bahan ini menjadi lebih baik. Dan penyebaran dari pakan ternak ini memberikan keuntungan jika kita produksi lebih banyak maka dapat kita jual kepada orang yang membutuhkan pakan ternak.

3. Kerajinan

Pernah anda melihat kerajinan tangan yang indah dan memukau banyak mata namun berasal dari sampah plastik. Salah satu kerajinan yang indah itu juga mampu menarik perhatian sebagai produk yang di ekspor keluar untuk di jual dan laku besar besaran disana. Jika itu terjadi bisa di bayangkan siapa yang akan memiliki banyak keuntungan yang di berikan. Tentu pencipta kerajinan yang indah ini yang beruntung.

Kerajinan tangan bisa di buat dari bahan bahan daur ulang yang sudah tidak dipakai menjadi karya seni yang bernilai dan menghasilkan uang. Karena itu kerajinan menjadi benar benar bernilai di tangan orang yang memiliki keahlian seperti itu.

4. Wadah lain

Manfaat dari sampah plastik yang lai adalah sebagai wadah lain. Wadah lain disini berarti di manfaatkan sebagai tempat untuk melukis ataupun mengambar. Jika selama ini banyak yang melukis diatas kertas dan kanvas maka melukis di atas plastik memberikan kesan yang bernilai. Dan unik sehingga menimbulkan keunikan yang menjadi salah satu daya tariknya sebagai wadah lain yang dimanfaatkan dalam menambah penghasilan.

5. Batako

Batako sebagian kecil juga di manfaat kan dari daur plastik yang tidak berguna untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan batako. Batako yang berasal dari sampah plastik ini umunya di sediakan di rumah rumah dengan kawasan yang minimalis dan tidak besar. (Baca juga : Manfaat limbah batu bara)

Jadi itulah manfaat dari sampah daur ulang yang banyak di manfaatkan dalam kehidupan sehari – hari.

Pencemaran Plastik

Perkembangan olah plastik di bidang industri membuat pasokan kantong plastik dan botol – botol yang terbuat dari plastik di produksi setiap tahun mencapai angka 100 juta ton platik diseluruh belahan dunia. Dan kian meningkatnya pencemaran plastik juga kia membawa dampak negatif bagi lingkungan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pencemaran lingkungan

Dampak negatif yang terjadi dari lingkungan adalah pencemaran yang merusak lingkungan seperti sampah yang berserakan dimana – mana. Ini tentu dapat menjadi masalah kesehatan karena sampah plastik itu akan menjadi sarang penyakit seperti sarang nyamuk untuk berkembang biak. Penyakit yang berhubungan dengan nyamuk adalah demam berdarah dan malaria.

2. Banjir

Jika banyaknya jumlah plastik tidak seimbang dengan tempat penampungannya maka bisa saja terjadi pembuangan sampah plastik dan botol – botol berserakan seperti disungai dan juga lautan. Dan yang meperburuk keadaan saat musim hujan yang datang. Sungai yang telah di penuhi sampah plastik dapat menyebabkan banjir yang akan mengenangi kawasan sekitar pemukiman warga. Karena itu perlu diperhatikan dan kesaran bagi diri sendiri untuk mebuang sampah pada tempatnya.

3. Di laut

Kerusakan di laut yang paling fatal adalah matinya ikan – ikan yang bertempat tinggal di laut karena tercemar dengan samapah plastik yag  di buang ke laut. Mulanya memang di buang di tepi – tepi pantai. Namu lama kelamaan sampah plastik itu bisa saja terbawa arus ke tengah lautan dan jika dalam jangka lama bisa menjadi lautan yang penuh dengan sampah karena tidak dapat di tangani dengan baik oleh daerah setempat.

4. Air tanah tercemar

Air – air yang digunakan sebagai salah satu minuman untuk kita dalam kehidupan sehari – hari adalah air tanah yang terdapat di tanah. Air tanah bisa saja tercemar karena bahan plastik yang terkena air menghasilkan senyawa kimia yang berbahaya untuk keshatan dalam jangka panjang. Jika air tersebut meresap ke tanah dapat memepengaruhi air tanah menjadi tercemar.

5. Atmosfer

Atmosfer bisa saja terjadi kontaminasi akibat pembakaran dari sampah plastik yang mebludak. Sebagai mana sama – sama di ketahui bahwa plastik memiliki kandungan zat yang dapat menimbulkan  polusi bagi udara dan kesehatan orang – orang yang ada disekitarnya.

Jadi itulah dampak yang timbul dari pencemaran lingkungan dalam kehidupan sehari – hari. Pencemaran plastik yang tidak terkendali merusak semua ekosistem seperti udara, lautan, sungai hingga tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *