FAKTA MENGENAI SPONS CUCI PIRING

Mencuci piring dan peralatan dapur dengan menggunakan spons cuci piring memang sudah menjadi hal yang biasa. Namun, tahukah Anda bahwa spons yang digunakan untuk mencuci piring mengandung banyak kuman dan bakteri? Dilansir dari The New York Times, 76 juta kasus keracunan makanan yang terjadi sebagian besar disebabkan oleh penyebaran bakteri melalui spons pencuci piring.

Ada beberapa fakta seputar spons cuci piring yang wajib diketahui oleh penggunanya. Berikut adalah beberapa fakta penting mengenai spons yang digunakan untuk mencuci piring dan peralatan dapur :

  • Bakteri dapat tumbuh di spons
    Spons adalah salah satu alat yang digunakan untuk membersihkan peralatan dapur dan makan. Lantas, bagaimana mungkin bakteri dapat tumbuh di dalam spons? Pasalnya, spons digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang terdapat pada peralatan dapur. Sisa makanan yang dibersihkan akan melekat pada spons tersebut.
  • Spons mudah terkontaminasi kuman dan bakteri
    Spons selalu digunakan dalam keadaan basah. Kuman dan bakteri dapat tumbuh di tempat yang lembab, seperti pada spons cuci piring basah. Bakteri-bakteri yang dapat mengkontaminasi spons ialah E. coli, salmonella, campylobacter dan staphylococcus . Bakteri-bakteri tersebut dapat mencemari peralatan dapur lain yang dicuci dengan menggunakan spons yang sama.
  • Risiko dari spons yang penuh bakteri
    Risiko yang ditimbulkan dari penggunaan spons yang penuh bakteri adalah keracunan makanan. Gejala dari keracunan makanan tersebut dapat berupa diare, mual, hingga dehidrasi.
  • Cara membersihkan spons secara efektif
    Agar terhindar dari risiko spons yang penuh bakteri, bersihkan dan sanitasi spons secara teratur. Cara membersihkan atau mensanitasi spons adalah merendam spons di dalam air dan Sunlight Plus Anti Bakteri . Kemudian, sanitasi spons dengan cara memasukkan spons yang direndam dalam Sunlight Plus Anti Bakteri ke dalam microwave .

Sanitasi spons setidaknya 1 kali dalam seminggu untuk menghindari pertumbuhan bakteri pada spons. Selain itu, cucilah piring dan peralatan dapur lainnya dengan menggunakan Sunlight Plus Anti Bakteri . Cairan pencuci piring ini dapat mencegah pertumbuhan spons pada bakteri 100 kali lebih baik dari sabun pencuci piring biasa.

 

sumber: http://www.sunlight.co.id/artikel/detil/928252/fakta-seputar-spons-cuci-piring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *