MASYARAKAT KOTA SEMAKIN KERANJINGAN GAYA HIDUP DIGITAL

Gaya hidup digital masyarakat di area Jabotabek dan Jabar tercatat terus meningkat pesat seiring terus diperkuatnya jaringan mobile broadband 4G LTE.

Sejumlah tren pertumbuhan transaksi penggunaan layanan digital di area itu turut dicatat Telkomsel menunjukkan respons positif dalam hal potensi penguatan ekosistem digital di keseharian masyarakat, khususnya di wilayah perkotaan.

Peningkatan transaksi sejumlah layanan telekomunikasi berbasis digital yang rata-rata di atas 30% ini menjadi indikasi yang kuat tumbuhnya kepercayaan pelanggan untuk mulai mengadopsi layanan digital sebagai penunjang gaya hidup mereka.

“Terlebih di wilayah perkotaan yang sudah matang dengan penyebaran teknologi terbaru seperti Jakarta, Bandung, Bekasi ataupun Tangerang,” kata Yetty Kusumawati, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Sabtu (19/11/2016).

Dengan jumlah pelanggan mencapai 37,6 juta dari 164 juta pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia, Telkomsel Area Jabotabek Jabar menguasai 33% market share pelanggan secara keseluruhan.

Kualitas jaringan yang stabil juga dihadirkan Telkomsel Area Jabotabek Jabar dengan hadirnya sekitar 37 ribu BTS yang tersebar di seluruh titik populasi, di mana 34 wilayah setingkat kota/kabupaten sudah terlayani jaringan broadband 4G LTE.

Jaminan menghadirkan pengalamanan menggunakan layanan broadband dan digital yang stabil ini diwujudkan Telkomsel Area Jabotabek Jabar dengan secara berkesinambungan melakukan pembangunan BTS eNodeB 4G LTE yang meningkat hingga 241% selama kurun waktu hingga kuartal tiga 2016 ini.

Langkah ini menjadi perhatian khusus sejak awal tahun mengingat tinggi animo pelanggan Telkomsel untuk memanfaatkan layanan jaringan 4G LTE yang kini jumlahnya terus meningkat mencapai 3,7 juta pelanggan yang sudah menggunakan device 4G LTE serta melakukan upgrade/migrasi uSIM 4G LTE.

Sejak awal Januari 2016, sekitar 1,5 juta pelanggan Telkomsel telah melakukan upgrade/migrasi uSIM 4G LTE, di mana 70% di antaranya melalui channel layanan pelanggan GraPARI Telkomsel.

“Animo tinggi masyarakat beralih ke layanan 4G LTE Telkomsel juga mendorong peningkatan trafik layanan data di jaringan 4G hingga 42% hingga saat ini. Wilayah kota besar seperti Jakarta dan Bandung menjadi penyumbang trafik data tertinggi,” masih kata Yetty.

Selain memperkuat infrastruktur jaringan, Telkomsel Area Jabotabek Jabar juga terus mendorong pemanfaatan jaringan broadband untuk layanan digital. Telkomsel mencatat peningkatan yang cukup signifikan terhadap sejumlah layanan digital sejak kurun waktu awal tahun ini.

Transaksi layanan digital penunjang gaya hidup meningkat sekitar 87% dibanding periode yang sama tahun lalu, seperti transaksi layanan streaming music seperti LangitMusik yang meningkat hingga 456%.

Adopsi layanan gaya hidup digital wilayah operasional Telkomsel Area Jabotabek Jabar juga terlihat dari peningkatan transaksi pemanfaatan layanan digital mobile payment Tcash yang tumbuh hingga 56%, dengan total pengguna mencapai lebih dari 268 ribu pelanggan.

Potensi berkembangnya layanan digital Telkomsel juga semakin bertambah melalui pertumbuhan sekitar 242% transaksi layanan #JajanOnline yang menyediakan alternatif metode pembayaran digital dengan sistem potong pulsa untuk pembelian beragam item aplikasi online yang tersedia di Google PlayStore.

Pertumbuhan transaksi layanan broadband seperti 4G LTE Telkomsel dan layanan digital Telkomsel seperti #JajanOnline, Tcash dan LangitMusik ini tidak hanya terjadi kota-kota. Wilayah rural yang juga menjadi penyangga kota besar seperti Jakarta dan Bandung justru menjadi penyumbang pertumbuhan tranaksi layanan digital.

“Seperti kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Bandung Barat yang memiliki jumlah transaksi tertinggi untuk layanan mobile payment TCASH, dan kota Garut dan Serang yang menjadi wilayah dengan transaksi layanan digital streaming music dan mobile banking solutions” pungkas Yetty.

 

sumber: https://inet.detik.com/telecommunication/d-3349346/warga-kota-terus-keranjingan-gaya-hidup-digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *