OPERASI JANTUNG OLEH ROBOT PERTAMA DI DUNIA

Teknologi robot saat ini memang sudah sangat canggih, lihat saja seperti yang digunakan pada dunia industri dimana proses produksi yang berbahaya bagi manusia dijalankan oleh robot yang diprogram.  Tak hanya pada dunia industri, robot juga dipergunakan di dunia medis yang peruntukanya adalah membantu dokter melakukan operasi. Teknologi robot yang dipergunakan pertama kali untuk keperluan medis ada di rumah sakit Glenfield, di Inggris.

Pengenalan Robot Medis

Robot medis tersebut diperbantukan untuk melaksanakan operasi jantung yang notabene memerlukan kecermatan dan akurasi tingkat tinggi. Namun pada faktanya Robot yang baru pertama kali melakukan operasi tersebut sukses dalam tugasnya. Proses operasi jantung oleh robot untuk pertama kalinya ini dipimpin oleh dr. Andre Ng, ia mempergunakan remote control untuk memfungsikan robot agar bisa mencapai tempat yang diinginkan secara presisi di dalam jantung manusia.

Paparan Sinar X Yang Berbahaya

Ketertarikan dunia medis untuk mengembangkan teknologi robot bagi keperluan operasi ini pertama kali adalah untuk menghindarkan para dokter dan assisten dokter dari paparan sinar X selama operasi. Sinar X dipergunakan agar para dokter bisa melihat kedalam bagian jantung tanpa harus membuat irisan atau kerusakan yang terlalu banyak.  Robot untuk operasi tersebut digerakan dari ruangan yang lain sehinga dokter tak akan terkena paparan sinar X. selama ini dokter hanya dilindungi oleh pakaian khusus yang tak hanya berat namun juga mengganggu pergerakan dokter saat melakukan operasi.

Manfaat Robot Medis

Penggunaan robot untuk keperluan bedah memang banyak manfaatkanya, selain menghindarkan dokter dari paparan sinar X, robot melakukan pembedahan dengan lebih presisi dan akurat serta mempermudah dokter dalam melakukan tugasnya karena operasi dengan robot bisa langsung mencapai target sasaran operasi dan menghemat banyak waktu, yang juga artinya memperbesar kemungkinan hidup sang pasien itu sendiri. Selama ini operasi konvensional selalu membutuhkan waktu yang lama dan harus dilakukan dalam beberapa tahapan.

Pasien yang beruntung dioperasi pertama kali oleh robot medis ini adalah pria berumur 70 tahun yang menderita gangguan jantung Atrial Flutter dimana jantung tak bisa memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh. Setelah operasi yang sukses tersebut sang pria  yang menjadi pasien bedah robot tersebut telah bisa beraktifitas dengan biasa.

Penggunaan robot untuk keperluan bedah juga cukup praktis karena robot tersebut dijadikan satu dengan meja operasi sehingga pasien bisa dipindahkan ke fasilitas operasi yang lebih lengkap. Dokter yang mengoperasikan robot ini memantau pergerakan robot dari monitor yang sudah disediakan tanpa harus terkena paparan radiasi sinar X.

Teknologi robot bedah ini adalah hasil penelitian dari Catheter Robotic Inc yang merupakan perusahaan asal New Jersey, Amerika. Sistem  yang mereka kembangkan diberi nama The Remote Catheter Manipulation System.

 

sumber: https://pulauherbal.com/jurnal/3354-operasi-jantung-oleh-robot-pertama-kali-di-dunia.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *