SEJARAH BERIDRINYA FORUM KASKUS

Mendengar kata kaskus pasti sebagian besar orang mengetahuinya. Siapa yang tidak kenal dengan forum terbesar di Indonesia. Sejarah berdirinya kaskus hingga sekarang sangat menumbuhkan kembangkan semangat para enterpreneur muda terutama di bidang teknologi. Kaskus yang berawal dari tugas kuliah oleh 3 orang mahasiswa Indonesia yang kuliah di Seattle, Amerika Serikat pada tanggal 6 November 1999. Kaskus ini bertujuan untuk tempat berkumpulnya mahasiswa Indonesia yang di luar negeri yang rindu dengan keadaan dan berita update dari Indonesia. Dari situ bermula kaskus sedikit demi sedikit bertambah member dan konten.

Pada tahun 2006 Kaskus berubah domain menjadi Kaskus.us karena pada tahun tersebut situs situs besar dunia termasuk di Indonesia terkena virus Brontok. Sebenarnya domain .us merupakan domain khusus untuk region united states, tetapi owner sekaligus creatornya mengartikan .us ini adalah milik kita, jadi kaskus adalah milik kita. Hal ini semakin mewarnai sejarah berdirinya Kaskus dengan perjalanan yang ditempuh.

Semakin berkembangnya pertumbuhan internet di dunia secara khusus di Indonesia. Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata pada tahun 2008 memutuskan Kaskus dikelola secara profesional. Kemudian dengan keputusan ini, maka personel dan infrastruktur Kaskus dibawa ke Indonesia. Berawal dari kantor kecil di Mangga Besar, Kaskus dibawah kendali PT Darta Media Indonesia memulai perjalanan barunya. Forum ini mulai membangun lini bisnisnya dengan menguatkan konten sebagai powernya dan tidak lupa memasukkan unsur khas dari Indonesia. Kaskus mematuhi UU ITE yang berlaku dengan menutup situs BB17 (Buka-bukaan 17 tahun) dan Fight Club. Kategori tersebut ditutup karena melanggar UU ITE. Penutupan ini mendapat apresiasi yang besar oleh para membernya dan malah meningkatkan jumlah member hingga 1,2 juta (300% dari jumlah member sebelumnya).

Pada tahun 2009 Forum Kasak Kusuk berpindah kantor ke daerah Melawai. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari Kaskus dan juga karena jumlah personel Kaskus mencapai lebih dari 60 orang. Pada tahun ini mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya dari Mark Plus Inc sebagai “The Greatest Brand of the Decade pada tahun 2009 – 2010. Pada tahun tersebut juga kaskus menduduki peringkat satu untuk kategori komunitas oleh Alexa.

Pada tahun 2011 Kaskus mendapat suntikan dana yang sangat besar dari PT Global Digital Prima – perusahaan yang fokus pada venture capital dibawah naungan Djarum Group. Dengan kemitraan ini diharapkan Forum Kasak Kusuk dapat mengembangkan lini bisnisnya lebih besar lagi dan memantapkan infrastruktur untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para member maupun readernya. Kemudian pada tahun ini pindah ke Menara Palma dan menamakan kantornya dengan nama Kaskus Playground. Kaskus Playground ini konsepnya hampir sama dengan kantor Google yang mengutamakan kreativitas para personelnya.

Pada tanggal 26 Mei 2012 domain forum berubah alamat menjadi kaskus.com dan kaskus.co.id. Hal ini dilakukan untuk memperkuat citra Forum sebagai situs komunitas yang memiliki visi global namun tidak meninggalkan identitas negaranya (Indonesia).

Untuk mengimbangi tren dunia digital pada bulan Mei 2014 diluncurkan Kaskus Evolution. Dengan tampilan yang lebih fresh, clean dapat menarik reader maupun member untuk lebih berlama – lama di situsnya. Kaskus juga merombak navigasi yang lebih mudah dipahami oleh user, fitur pencarian yang lebih berkualitas di Forum maupun FJB nya. Pada bulan ini member kaskus sudah mencapai 6,5 juta. Hal ini dilakukan untuk tetap bersaing dengan para kompetitornya yang sudah bermunculan seperti Tokopedia, Blibli, Elevenia, dan online marketplace lainnya.

Kaskus yang berawal dari 3 orang hingga mencapai member 6.5 juta merupakan pencapaian yang luar biasa dengan melihat sejarah berdirinya Kaskus dari awal hingga sekarang. Hal ini secara tidak langsung membantu perekonomian negara Indonesia dengan mengurangi jumlah pengangguran. Semoga sejarah kaskus ini menginspirasi para enterpreneur muda Indonesia yang bergelut di bidang IT dan dapat menumbuhkan start up company yang lebih baik.

 

sumber: http://dagdig.com/sejarah-berdirinya-kaskus-hingga-sekarang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *