SEJARAH SINGKAT BEBERAPA MERAK KOPER DUNIA

SAMSONITE

Pada tahun 1910 oleh pengusaha asal Colorado, Amerika Serikat. Jesse Shwayder mendirikan Shwayder Trunk Manufacturing Company. Konon saat itu di kenal sebuah tren “Gold Rush” , dimana banyak orang berpergian dari persisir satu ke pesisir lainnya untuk mencari peruntungan. Terfikirlah sebuah konsep untuk membuat koper sebagai perlengkapan untuk membawa barang mereka.

DELSEY

Di dirikan oleh Emile Delhaye dan keluarga di Paris pada tahun 1946. Delsey awalnya membuat produk berbahan kulit untuk peralatan fotografi. Baru pada tahun 1970 delsey memproduksi koper pertamanya.

RIMOWA

Pada tahun 1898 Paul Morszeck mendirikan manufaktur yang memproduksi koper di Cologne, Jerman. Saat itu koper yang di produksi menggunakan bahan dasar kulit. Pada tahun 1937 , terinspirasi dari material pesawat tempur perang dunia kedua, RIWOWA partama kali membuat koper dengan material logam hingga alumunium.

ELLE

Di dirikan pada tahun 1945 oleh Pierre Lazareff dan istrinya Helene Gordon. ELLE awalnya adalah sebuah redaksi majalah dengan segmentasi fashion, sesuai dengan tempat di dirikannya, Paris yang merupakan kota mode dunia. Selain koper, brand ini juga memiliki produk-produk fashion lainnya, termasuk majalah fashionnya yang sangat terkemuka.

AMERICAN TOURISTER

Di dirikan di Rhode Island, Amerika Serikat pada tahun 1946 oleh Sol Koffler. Pada tahun 1970 , lewat iklan legendarisnya dengan “ikon” Gorilla , American Tourister mulai di kenal secara luas. Saat ini, American Tourister terafiliasi dengan Samsonite.

SUNCO

Awalnya Pada tahun 1893 Hikojiro Kuwayama membuat koper untuk Tsunejiro Takeuchi. Kemudian ia  mulai memdirikan perusahaannya sendiri di Nagoya Jepang. Sunco mulai berkembang pesat setelah pada tahun 1943 di teruskan oleh putra sang pendiri , Kazuo Kuwayama.

LOUIS VUITTON

mulai memproduksi koper di Paris pada tahun 1854. Produknya di jual dengan merk yang sama dengan sang pendiri, Louis Vuitton. Louis Vuitton terkenal dengan produk koper premium dengan desain klasiknya. Monogram “LV” begitu terkenal pada kopernya hingga saat ini.

KIPLING

Kipling adalah merek fashion yang didirikan pada tahun 1987 di Antwerp, Belgia. Koleksi mereka yang paling terkenal adalah Basic, terbuat dari kain nilon berkerut dan icon monkey-nya. Selain koper, kipling juga memproduksi banyak produk fashion lainnya.

TUMI

Di dirikan pada tahun 1975, oleh Charlie Clifford setelah bertugas di Korps Perdamaian di Peru. Brand Tumi sendiri di ambil dari nama sebuah ritual dalam mitologi Peru. Berbasis di New Jersey, Amerika Serikat. Selain koper, Tumi juga membuat ikat pinggang , pena , dan aksesoris peralatan elektronik .

ANTLER

John Boultbee Brooks bersama sang ayah awalnya berbisnis produk kulit untuk pelana kuda. Kemudian pada perang dunia kedua usahanya mulai merambah ke produk peralatan militer. Pasca perang dunia barulah Antler beralih memproduksi koper. Brand Antler berasal dari Inggris.

 

sumber: http://quadranplus.com/sejarah-singkat-beberapa-brand-koper-populer/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *