Tips Memilih Keril yang Cocok Untuk Pendaki Gunung

Pendaki gunung itu identik dengan tas-tas gede berisi seabrek peralatan dan perbekalan yang selalu menempel di punggunya kemanapun ia akan berjalan. Tas besar yang biasa dipanggil carrier atau keril ini perannya memang sangat penting buat pendaki. Tanpa carrier, pendaki bakal kesulitan membawa segala peralatan yang dibutuhkan dalam pendakian.

Demi keamanan dan kelancaran pendakian, anda perlu punya carrier berkualitas baik yang bisa diandalkan, karena jika si keril kualitasnya jelek alias abal-abal, nantinya pasti akan merepotkan atau malah mencelakakan diri anda sendiri di tengah pendakian.

Nah, bagi anda yang kebetulan sedang berniat untuk membeli keril, di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda semua..

1. Pilih keril dari brand yang terkenal memiliki kualitas bagus

Brand-brand internasional yang sudah terkenal mendunia macam Osprey, REI, The North Face, atau Deuter  pastinya tidak akan menawarkan produk dengan kualitas abal-abal. Pikirkan saja, jika barang-barang dari brand tersebut berkualitas buruk, mana mungkin hingga saat ini brand tersebut masih dipercaya banyak pendaki dunia. Maka dari itu, jika memang tersedia, dan dana yang anda punya cukup, lebih baik anda beli carrier dari brand-brand terkenal tersebut.

Jika mencari carrier dengan harga yang lebih bersahabat, brand-brand lokal yang sudah cukup terkenal seperti Eiger, Consina, Cozmeed atau Avtech bisa dijadikan pilihan alternative. Jangan coba-coba untuk membeli carrier dari brand yang belum teruji kualitasnya, salah-salah nanti malah menyusahkan jika tiba-tiba carrier abal-abal yang anda beli malah rusak di tengah pendakian.

2. Perhatikan kapasitas

Berikutnya anda perlu mempertimbangkan kapasitas carrier yang akan anda beli sesuai dengan kebutuhan. Kapasitas ini bergantung pada jenis kegiatan yang bakal anda lakukan dengan lama waktu pendakian yang bakal anda jalani, karena jumlah barang yang perlu anda bawa sangat bergantung pada 2 hal tersebut.

Berikut ini ada table tentang perbandingan kapasitas carrier yang dibutuhkan terhadap waktu pendakian yang akan anda lakukan.

Lama Waktu Perjalanan Kapasitas Carrier (liter)
1-3 Malam 35-50
3-5 Malam 50-80
Lebih dari 5 Malam 80+

3. Perhitungkan berat sendiri dari carrier/keril

Jika anda penyuka dan sering menerapkan style ultralight dalam pendakian, berat setiap barang yang anda bawa pastinya akan menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan, tak terkecuali berat dari carrier yang anda bawa. Berat carrier biasanya tergantung dari jenis dan tipe carrier, misalnya carrier Deuter ACT Lite akan punya berat yang lebih ringan dari Futura Pro. Sesuaikan pilihan anda dengan style dan tipe pendakian yang sering anda lakukan.

4. Sesuaikan dengan ukuran tubuh terutama punggung

Jika anda sudah memilih brand yang disukai, kemudian telah menyesuaikan kapasitas yang anda butuhkan, jangan buru-buru langsung bayar dan pergi dulu, masih banyak hal yang perlu anda pertimbangkan terlebih dahulu, diantaranya soal pas atau tidaknya ukuran carrier dengan punggung anda. Lebih baik coba-coba pakai dulu carrier yang akan anda beli, apakah pas atau tidak dengan ukuran tubuhmu, terutama panjang punggung.

Beberapa brand biasanya menyediakan beragam ukuran carrier yang bisa dipilih, jika carrier yang telah anda pilih tidak pas dengan ukuran tubuhmu, cobalah untuk menanyakan apakah carrier tersebut tersedia dalam ukuran yang lain. Hal ini penting demi kenyamanan carrier saat nanti anda pakai mendaki medan-medan terjal di gunung sana.

5. Pertimbangkan Fitur-fitur Tambahan yang Dimiliki

a) Frame

Kebanyakan carrier saat ini sudah dilengkapi dengan frame baja, baik di dalam maupun luar carrier. Frame ini sangat penting perannya menyangkut keseimbangan penyebaran beban pada tubuh.

b) Akses masuk utama dan tambahan

Carrier dengan kapasitas besar biasanya punya akses masuk dari bagian atas, namun tak jarang juga yang menyediakan akses masuk alternative berupa risleting di bagian tengah ataupun bawah carrier. Hal ini akan memudahkan anda saat tiba-tiba harus mengambil barang yang sudah terlanjur anda packing di bagian dalam carrier. Jika tak ada akses tambahan ini, anda terpaksa harus mengeluarkan barang-barang diatasnya untuk dapat mengambil barang tersebut.

c) Tempat khusus sleeping bag

Sleeping bag biasanya punya ukuran yang lumayan besar, selain itu juga harus selalu terhindar dari basah, maka dari itu, barang ini lebih baik anda pisahkan dari barang-barang lain, terutama yang mengandung air. Karena itu, carrier yang punya tempat khusus untuk sleeping bag (biasanya di bagian bawah) bisa anda pertimbangkan.

d) Kantong-kantong Tambahan

Kadangkala kantong-kantong tambahan di bagian luar carrier itu sangat penting dan berguna sekali, terutama jika anda termasuk tipe pendaki agak ribet yang suka membawa banyak barang-barang kecil yang akan anda pergunakan selama pendakian.

Dengan adanya kantong-kantong tambahan di bagian luar, anda bisa memisahkan barang tersebut dari barang-barang utama yang tersimpan di dalam carrier, agar lebih mudah dibawa saat diperlukan. Kantong luar dengan risleting akan lebih baik untuk menyimpan barang penting. Kantong samping yang elastic juga sangat bagus untuk menyimpan botol minuman atau matras gulung.

e) Fitur lainnya

Fitur-fitur lain seperti tempat menggantung barang di bagian luar juga perlu anda pertimbangkan, karena mungkin ada beberapa barang harus disimpan di bagian luar carrier, seperti misalnya fitur untuk menggantung kernmantle, webbing, carabiner, dll saat anda melakukan pendakian yang membutuhkan peralatan panjat tebing.

6. Cek aksesories keril

Yang ini kadang sering terlupakan (pengalaman pribadi), setiap jenis carrier biasanya punya beragam aksesoris tambahan seperti coverbag dan kantong air minum. Karena di Indonesia ini negara tropis, hutan di gunung yang bakal anda jelajahi juga pastinya bertipe hutan hujan tropis, akan lebih baik jika carrier yang anda pilih punya cover bag sebagai pelindung yang bisa diandalkan saat harus mendaki ditengah guyuran hujan.

7. Pilih desain dan gaya keril yang anda suka

Yang ini tidak terlalu penting sih, karena dalam memilih carrier untuk mendaki gunung, faktor fungsi lebih utama daripada gaya. Namun bagi sebagian orang, gaya atau style juga merupakan factor penting yang jadi perhatian. Memang sih carrier itu biasanya menjadi ciri utama yang dibanggakan para pendaki, tak heran jika carrier yang kita bawa tergolong punya desain bagus, kita juga pastinya bakal melangkah dengan lebih percaya diri dan penuh semangat. Untuk itu, jika tersedia, pilihlah carrier dengan warna dan desain yang anda sukai.

 

sumber: http://www.bluetripper.com/2015/10/tips-memilih-carrier-untuk-mendaki.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *