Tujuan Pokok Sebuah Penggalangan Dana

Saat ini kita sering melihat dan mendengar tentang lembaga, yayasan bahkan perusahaan televisi yang melakukan penggalangan dana yang ditujukan untuk membantu sesama atau saudara kita yang saat ini tengah mengalami kerugian yang disebabkan oleh berbagai hal misalnya saja bencana alam, penyakit dan lain – lain. Selain itu, lembaga atau yayasan tersebut melakukan penggalangan dana tersebut untuk meringankan beban yang diderita oleh sudara kita yang menderita kerugian akibat sebuah hal. Tujuan lain sebuah lembaga atau yayasan tersebut melakukan penggalangan dana juga dengan tujuan mulia untuk membantu pemerintah dalam mengatasi sebuah permasalahan yang dialami oleh masyarakat yang berada di suatu tempat tertentu.

Untuk melengkapi tujuan – tujuan pokok diadakannya lembaga penggalangan dana tersebut, berikut ini dijelaskan mengenai beberapa tujuan pokok yang melandasi sebuah lembaga atau yayasan tersebut melakukan penggalangan dana. Adapun tujuan – tujuan pokok penggalangan dana tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Menghimpun dana. Menghimpun dana adalah tujuan penggalangan dana yang paling dasar. Termasuk dalam pengertian dana adalah barang atau jasa yang memiliki nilai material. Tujuan inilah yang paling pertama dan utama. lnilah sebab awal mengapa penggalangan dana itu dilakukan.
  2. Menghimpun donatur. Lembaga yang melakukan penggalangan dana harus terus menambah jumlah donaturnya. Untuk dapat menambah jumlah donasi, maka ada dua cara yang dapat ditempuh, yaitu menambah donasi dari setiap donatur atau menambah jumlah donatur pada saat setiap donatur mendonasikan dana yang tetap sama
  3. Menghimpun simpatisan dan pendukung. Kelompok seperti ini akan berusaha mendukung lembaga dan umumnya secara natural bersedia menjadi promotor atau informan positif tentang lembaga kepada orang lain. Kelompok seperti ini juga diperlukan oleh lembaga sebagai pemberi kabar informal kepada setiap orang yang memerlukan.Dengan adanya kelompok simpatisan dan pendukung ini, maka kita memiliki jaringan informasi informal yang sangat menguntungkan.
  4. Membangun citra lembaga. Penggalangan dana adalah garda terdepan yang menyampaikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Hasil informasi dan interaksi ini akan membentuk citra lembaga dalam benak khalayak.
  5. Memuaskan donatur. Tujuan tertinggi dari penggalangan dana tersebut adalah memuaskan donatur. Tujuan ini merupakan tujuan yang bernilai jangka panjang, meskipun kegiatannya secara teknis dilakukan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *